Rabu, 30 Mei 2012

Mata cantik tanpa bulu mata palsu..

 


Ladies.. memiliki mata dengan bulu mata yang lentik dan tebal menjadi impian banyak wanita, ya gak sihh???.  Akan tetapi kenyataannya tidak banyak wanita yang memiliki bulu mata yang indah tersebut. Karena hal tersebut banyak wanita yang menjadi minder dan  tidak percaya diri dikarenakan tipisnya bulu mata mereka.  kalo udah kaya gitu segala cara bisa dilakukan, mulai dari menggunakan bulu mata palsu, sampai menanam bulu mata melalui operasi... But Ladies.. sebelum melakukan cara-cara tersebut untuk mempertebal bulu mata, yuk cari tahu sebenarnya boleh gak sih menggunakan bulu mata palsu?? apa sih hukumnya menggunakan bulu mata palsu dalam pandangan agama...??
 
Memakai bulu mata palsu itu apa sih hukumnya??
Artikel Fatwa :


Hukum Bulu Mata buatan (Palsu)

Pertanyaan : 
Dewasa ini terdapat bulu mata buatan yang disusun dengan rapi seperti layaknya bulu mata asli yang dipakai oleh orang yang memiliki bulu mata yang pendek atau bulunya jarang atau setelah dipendekkan yang dipakai pada saat tertentu, dan setelah acara selesai, bulu mata tersebut dicabut kembali, bagaimana hukum hal tersebut ? Kiranya Syaikh berkenan memberikan fatwa kepada kami . 

Jawaban : 
Adapun yang dimaksud dengan bulu mata adalah bulu yang tumbuh di atas pelupuk mata. Di mana Allah Subhanahu Wata’ala telah menumbuhkannya sebagai pelindung kedua mata dari debu dan kotoran, sehingga bulu itu terdapat pada mata semenjak lahir. Sebagaimana bulu itupun terdapat pada mata binatang, dimana keadaannya itu tetap tidak terlalu panjang dan tidak terlalu pendek, jika ia dihilangkan, niscaya ia akan tumbuh lagi. Akan tetapi sebagian orang terkadang pelupuk matanya terkena sesuatu penyakit yang menuntut bulu matanya dibuang untuk meringankan penyakitnya. Menurut hemat saya, tidak diperbolehkan memasang bulu mata buatan (palsu) pada kedua matanya, karena hal tersebut sama dengan memasang rambut palsu, dan Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam melaknat wanita yang memasang dan yang minta dipasangi rambut palsu. Jika Nabi telah melarang menyambungkan rambut dengan rambut lainnya (memasang rambut palsu) maka memasang bulu mata pun tidak boleh. Juga tidak boleh memasang bulu mata palsu karena alasan bulu mata yang asli tidak lentik atau pendek. Selayaknya seorang wanita muslimah menerima dengan penuh kerelaan sesuatu yang telah ditakdirkan Allah, dan tidak perlu melakukan tipu daya atau merekayasa kecantikan, sehingga tamak kepada sesuatu yang tidak dimilikinya, seperti memiliki pakaian yang tidak patut dipakai oleh seorang wanita muslimah. Hanya Allah Yang Maha Mengetahui. Shalawat dan salam semoga dicurahkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alahi Wasallam, kepada keluarganya dan para sahabatnya . 

( Disampaikan dan didiktekan oleh Syaikh Abdullah Bin Abdurrahman al-Jibrin 

Sumber : Fatwa-Fatwa Terkini jilid 3, hal.80-81 cet, Darul Haq, Jakarta. Diposting oleh Yusuf Al-Lomboky

duh.. gimana donk ladies? Haram loh ternyata hukumnya... so..buat para ladies yang pernah atau masih suka menggunakan bulu mata palsu, mulai sekarang yuk kita sama2 berhenti menggunakannya... buat yang blom pernah pakai.. keep istiqomah ladies... Insya Alloh kita semua sudah paham yah bagaimana hukumnya. walau bagaimanapun juga, Alloh telah menciptakan kita dalam bentuk yang sempurna. Insya Alloh, Ladies sekalian sudah cantik tanpa harus memakai bulu mata palsu :)

Lalu bagaimana dengan para Ladies yang bulu matanya memang pendek?
bisa kok tampil cantik tanpa menggunakan bulu mata palsu. Untuk menciptakan bulu mata yang lentik alami, gunakan penjepit bulu mata. Jepitkan dari pangkal bulu mata, gerakkan sedikit-sedikit dan perlahan ke arah ujung bulu mata. Lalu pulaskan maskara bening atau kondisioner khusus bulu mata.
Ladies...
Jika memang berniat memakai maskara, silahkan..... Namun alangkah lebih baik jika Ladies sekalian memilih maskara yang halal dan terjamin tidak menghalangi air wudhu (jika ditengah2 prosesi pernikahan, Ladies harus shalat).

Untuk lebih memberi kesan tebal dan kuat pada bulu mata, ladies panaskan dulu maskara dengan blow dryer selama beberapa detik, baru ulaskan maskara pada bulu mata.
kalo sudah..silahkan ikuti langkah berikut:

1. Melentikkan dengan maksimal  
Jangan melentikkan bulu mata dengan seadanya saja. Kunci bulu mata Anda agar lentik lebih lama adalah dengan mengaplikasikan maskara yang cukup. Terutama jika mata Anda cenderung kecil, bulu mata yang lentik akan membuat mata tampak lebih besar.
Cara terbaik untuk melentikkan bulu mata adalah dengan menekan pada bagian dalam akar bulu mata, tengah, dan ujungya. Jangan langsung dari akar ke arah ujung bulu mata, tetapi, tekan secara terpisah.
2. Lapisi dengan merata.
Tempatkan sikat maskara di dasar bulu mata Anda, guncang sedikit, dan tarik melalui dengan gerakan zigzag yang lambat. Ini akan memberikan sebuah "mantel" tanpa membuatnya terlihat tebal dan membuat maskara tahan lama.
3. Hindari gumpalan
Untuk menghindari gumpalan, aplikasikan dua kali maskara favorit Anda. Lalu, sisir dengan sikat bulu halus. Sikat bulu halus ini bisa Anda peroleh di toko kosmetik dengan harga yang cukup murah, fungsinya adalah untuk memisahkan bulu mata yang menempel karena maskara.
4. Buat bulu mata lebih tebal
Jika Anda memiliki bulu mata yang tipis dan tidak ingin menggunakan bulu mata palsu, gambar titik kecil di antara bulu mata dengan pensil hitam. Ini menciptakan dasar yang gelap, sehingga membuat bulu mata terlihat tebal meskipun tanpa maskara.
5. Gunakan maskara pada bulu mata bagian bawah
Jangan lupa untuk aplikasikan maskara pada bulu mata bagian bawah. Banyak yang tidak melakukannya dengan benar sehingga, mata terlihat seram. Sebenarnya, cukup aplikasikan maskara berlawanan arah sekali saja dengan tipis. Gunakan maskara dengan formula waterproof (anti-air) agar tidak luntur.


Gimana Ladies?? gampang kan?? kita bisa tetap cantik dengan bulu mata yang tebal, tanpa melanggar perintah agama...(alhamdulilah...... :D )


Nah, ladies.. biar bulu mata (mau yang pendek ataupun yang sudah tebal) tetap sehat dan tidak rontok perlu dirawat loh... gimana sih cara merawat bulu mata kita biar tetap sehat dan kuat... berikut tips nya...


Merawat Kesehatan Bulu Mata
1. Menyisir bulu mata
Rajin menyisir bulu mata dengan menggunakan sisir khusus untuk bulu mata. Hal ini agar bulu mata selalu bersih dan terhindar dari debu dan kotoran yang ada. Selain itu dengan selalu menyisir, bulu mata ladies, maka bulu mata akan selalu rapi dan terpancing pertumbuhannya.
2. Minyak untuk bulu mata
buat Ladies yang bulu matanya suka rontok, coba Gunakan minyak waktu menyisir bulu mata. Bisa menggunakan minyak zaitun atau petroleum jelly supaya bulu mata tetap kuat dan terjaga pertumbuhannya. Gunakan cara tersebut pada malam hari, dan bersihkan setelah bangun tidur esok paginya.
3. Multivitamin
Minum multivitamin untuk merangsang pertumbuhan bulu mata. Vitamin E, selain baik untuk kulit dan rambut, juga bisa menstimulasi pertumbuhan bulu mata. Konsumsilah vitamin E secara rutin. Bisa juga dengan minum kapsul per hari atau rajin makan kacang-kacangan dan sayuran hijau.
4. Kebersihan
terakhir, Ladies Jangan lupa untuk selalu bersihkan maskara dan eyeliner sebelum tidur. Partikel kimia yang terdapat dalam alat rias mata bisa membuat bulu mata menjadi rusak jika terlalu sering dibiarkan semalaman. Hal ini yang biasanya dapat menyebabkan kerontokan pada bulu mata.
Semoga bermanfaat, ya Ladies...
Cantik yang terpancar dari mata akan ditangkap oleh mata.
Cantik yang terpancar dari hati akan ditangkap oleh hati.


so..
"Always be beauty from your heart ladies...!!!"




sumber: dikutip dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar